Senin, 02 Januari 2012

Review Manusia Setengah Salmon : Raditya Dika (+) Bonus



Beberapa waktu lalu gw dapet kiriman buku, tepatnya buku yang gw beli online karena gw penasaran sama tanda tangannya raditya dika yang bisa didapetin hanya lewat pesan online , baca ceritanya DISINI .

Skip aja, intinya pas sampe tu buku gw langsung kunci kamar, pasang warning didepan pintu kamar biar gada yang ganggu waktu ngilmu gw, gw mau baca dengan tenang dan menyerap ilmu dari tulisan-tulisannya radit .
Dalam post gw ini, gw juga akan ngasih bonus beberapa kalimat atau kata-kata yang gw ambil secara paksa dari buku Manusia Setengah Salmon ini, kalimat yang menurut gw sangat WOW dan bisa diambil pelajaran dari buku ini Cek aja dibawah yaa .



Gw baca secara berulang, ini kebiasaan gw dalam membaca suatu buku, ga cuma sekali baca lalu gw simpen di rak sampe berdebu . Tapi sering gw ulang sampe gw merasa udah lega .
Baca 1 : Gw baca buat tau apa aja isi bukunya, gimana jalan ceritanya .
Baca 2 : Baca ulang buat lebih mengerti makna dari setiap tulisannya dan kata-katanya .
Baca 3 : Lebih mengerti lagi sampe gw bener-bener ngerti .
Baca 4 : Gw mencoba membayangi dan membandingkan dengan keadaan gw sekarang .
Baca 5 : Gw memilih kalimat-kalimat yang gw anggap sangat WOW buat dipake update status pesbuk
Baca 6 : Gw ngambil nilai-nilai yang bisa gw pelajari dari setiap tulisan yang ada dibuku .
Dan Seterusnya .

Dari buku ini gw udah baca hampir 10x dalam kurun waktu 1minggu, temen-temen gw pada mau minjem tapi gw gak kasih, bukan karena gw pelit ato karena gw perduli sama radit karena klo semua pada minjem dia bisa ga dapet royalti, gpp lah dia uda tajir ini seengaknya uda pernah jalan-jalan keluar negeri . Tapi karena gw belom puas dan belom cukup ngambil ilmu dari tulisannya .

Buku ini lucu, serius dan bikin galau ! Kombinasi lucu, serius dan galaunya pas banget, pertama kita bisa dibikin ketawa, lalu dibawa ketahap serius tapi tetep dengan gaya bahasanya yang khas, yang terakhir kita dibikin galau men, bukan cuma galau karena pacar, tapi karena nyokap . Ada di bab KASIH IBU SEPANJANG BELANDA , itu sungguh menyentuh sekali . Penasaran ? beli makanya !

Ditambah lagi ada selipan komik strip 4 kolom yang bikin ketawa juga, belom lagi ada observasi di bab JOMBLONOLOGY . Pokoknya lengkap dah, yah seengaknya kalo gw nulis begini trus secara gak sengaja dibaca sama yang punya paling ga gw kecipratan lah dikit . Kecipratan becekan maksudnya .
Ada juga tentang perpindahan hati, saat si radit baru putus dan berusaha move on, nah ini yang cocok banget sama keadaan gw, gw merasa senasib sepenanggungan sama radit, meskipun gw lebih ganteng dan lebih TINGGI *Sengaja gw kasih penekanan disini* . Tapi dia lebih tajir dan terkenal . *nundukin kepala* *nyedot ingus* *lari kebawah dispenser*


Penasaran sama isinya ? makanya beliiii jangan minjem ke gw karena gw gak bakal mau minjemin, kecuali yang minjem cewe cakep, dan mau barter pake nomer henponnya .


Langsung aja karena gw udah janjiin bonus, ini bonusnya ada dibawah


BONUS

Disini

-Putus cinta seperti disengat lebah , Awalnya tidak terlalu berasa tetapi lama-lama bengkaknya mulai kelihatan .-


-"Kalau kau sayang sama orang Kau tunjukkan . Kalau dia pergi sama kau, kau yang bukain pintu dong . Kalo kau lagi nyetir, terus dia bersin, kau panasin AC-nya, Kalau dia bawaannya banyak, kau bawain bawaannya" . Sampai sejauh ini gw berpikir, sepertinya bokap gw agak ketuker antara sopir dan pacar .-


-Mungkin itu masalahnya,pikir gw. Seperti rumah ini yang jadi terlalu sempit buat keluarga kami, gw juga menjadi terlalu sempit buat dia. Dan ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tidak nyaman, saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa) cocok Untuk dirinya . Rumah ini tidak salah, gw dan dia juga tidak salah.Yang kurang tepat itu bila dua hal yang sudah dirasa tidak lagi saling menyamankan tetap dipertahankan untuk bersama .-


-Ada perasaan yang sama antara sehabis putus dengan pindah rumah.Keduanya sama-sama harus meninggalkan sesuatu yang akrab dengan diri kita.Keduanya sama-sama memaksa kita untuk mengingat-ingat kenangan yang ada sebelumnya, disadari atau tidak dipaksa atau tidak .-


-Putus cinta sejatinya adalah sebuah kepindahan. Bagaimana kita pindah dari satu hati, ke hati yang lain.Kadang kita rela untuk pindah, kadang kita dipaksa untuk pindah oleh orang yang kita sayang, kadang bahkan kita yang memaksa orang tersebut untuk pindah. Ujung-ujungnya sama : kita harus bisa maju, meninggalkan apa yang sudah menjadi ruang kosong .


-Sama seperti memasukkan barang-barang ke kardus. gw juga harus memasukkan kenangan-kenangan gw dengan orang yang gw sayang ke semacam kardus kecil. Dan, sama ketika kita baru putus, kenangan yang timbul paling kuat adalah yang paling awal .-


-Lucu ya bagaimana semua putus cinta yang menyedihkan juga diawali oleh jatuh cinta yang menyenangkan . Ya,sudahlah . Bagaimana juga kenangan-kenangan yang memaksa untuk diingat itu harus dipaksa masuk ke otak .-


-Hampir sama kaya pacaran, kadang kita lebih sering gak jujur karena gak enak.Padahal Justru karena tidak jujur itulah kita malah ngerasa ga enak.Ujung-ujungnya hubungannya jadi gak enak .-


-Pesan moral dari sepiring makanan : Tidak semua makanan yang kita anggap enak oleh orang lain . Begitupula sebaliknya. Inilah indahnya perbedaan, indahnya kebebasan dalam mencintai makanan . Setiap orang punya makanan yang mereka suka atau tidak sukai sendiri . Oh, kecuali durian. Seharusnya, semua orang suka durian .-


-Kalau mau dipikir-pikir, kayak orang yang sedang jatuh cinta,terkadang terlalu baik bisa membuat pacar kita takut. Kadang, kalau terlalu cuek, juga bikin dia marah . Masing-masing orang punya kebiasaannya sendiri, keluarga mereka juga punya kebiasaan sendiri . Salah satu cara untuk meluluhkan cewe/cowo adalah dengan meluluhkan keluarganya . Dan cara untuk meluluhkan keluarga seseorang adalah menerima dan mengikuti kebiasaan mereka .-


-Saat ini gw jadi berpikir, proses pindah hati juga seperti pindah rumah . Terkadang, kita masih membanding-bandingkan siapapun yang kita temui dengan mantan pacar .Ketika kenalan sama seseorang, kita membandingkan dengan kebiasaan mantan pacar kita .Kita membandingkan,secara sadar ataupun tidak, cara mereka berjalan,cara mereka berbicara, bahkan cara mereka mengakhiri pembicaraan ditelepon. Seperti lazimnya orang yang terjebak di dalam masa lalu,orang yang lebih baru pasti kalah dari mantan pacar kita yang sudah lama itu .
Ini mungkin alasan kenapa susah banget buat gw untuk menemukan yang baru,karena perjuangan untuk pindah adalah perjuangan untuk melupakan .-


-WAKTU mungkin obat yang paling baik untuk semua luka. Setelah gw berdamai dengan masa lalu, gw baru bisa belajar untuk kembali mempunyai hubungan .-


-Sesungguhnya terlalu perhatiannya orang tua itu adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima-


-Bagi sebagian orang,rumah adalah kasur kecil yang ditaruh diatas lantai kamar berukuran empat kali empat meter. Bagi orang lain,rumah adalah bangunan minimalis besar didaerah Kebayoran baru. Bagi orang yang lain, rumah mereka adalah jalanan karena mereka tidak punya rumah. Bagi orang yang lain lagi, rumah bermacam-macam karena propertinya banyak, tersebar diseluruh indonesia.
Bagi gw, rumah adalah DIA. Karena dia adalah tempat gw pulang.
Karena, orang terbaik buat kita itu seperti rumah yang sempurna.Sesuatu yang bisa melindungi kita dari gelap,hujan dan menawarkan kenyamanan .-


-Pito,Mister dan salmon mengingatkan gw kembali, bahwa esensi kita menjadi makhluk hidup adalah pindah .Dimulai dari kecil, kita pindah dari rahim ibu ke dunia nyata. Lalu, kita pindah sekolah,lalu pindah pekerjaan. Dan, pada akhirnya kita pindah hidup. Mati, dan pindah alam lain .-


-Hidup sesungguhnya adalah potongan-potongan antara perpindahan satu dengan lainnya. Kita hidup diantaranya .-


-Pindah juga bisa menyangkut urusan hati.
Benda mati juga berpindah-pindah. Mobil pindah setiap hari, debu-debu kecil dirumah terbang ketika ada angin, bahkan dalam skala yang paling kecil elektron berpindah-pindah, berputar mengelilingi proton dan neutron dalam sebuah aton .
Dan... foto mesra sepasang kekasih bisa pindah dari pigura ke tempat sampah sehabis mereka putus .-


-Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah satu hal yang pasti .
Kalau pindah diidentikan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya .-


-Mungkin, gw hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perpindahan ini .-




Yah itu adalah kalimat-kalimat yang sangat ngawur dan sesat inspiratif dan mempunyai makna dan itu adalah bonus dari gw . Gw baca berulang kali dan memilih dengan teliti mana kalimat-kalimat yang bagus untuk status pesbuk gw bagikan kepada temen-temen gw . Meskipun buku lucu tapi ada beberapa ilmu yang bisa di ambil dari kalimatnya, jadi ga cuma ketawaan kosong lah . Post ini gw ketik dipagi hari, dengan keadaan muka kumel, ingus meler akibat pilek yang belom sembuh, dan gw belom tidur .

Sekian laporan pandangan mata dari gw , seorang mahasiswa ganteng yang ber-IPK terjun bebas dari lantai 52  sangat berprestasi, setia dan calon pacar yang baik menurut quiz facebook .






Sumber tulisan gw ambil di buku Raditya Dika  di bukunya yang terbaru Manusia Setengah Salmon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar